Sabtu, 26 Maret 2011

Cara Belajar yang Baik

Belajar adalah melihat, mendengar, memperhatikan, mempelajari, dan kegiatan lain yang menunjang dengan tujuan orang yang belajar bisa memahami apa yang dipelajarinya. Belajar merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pelajar dan mahasiswa dan wajib juga bagi yang ingin memperluas wawasannya. Tips-tips belajar yang baik:
1. Niat dan berdoa.
2. Membaca, membuat wawasan kita bertambah luas.
3. Selalu membuat ringkasan pelajaran.
4. Rajin mengulang pelajaran.
5. Belajar dengan serius dan tekun.
6. Hindari belajar yang berlebihan.
7. Aktiflah dalam bertanya.
8. Belajar kelompok.

Jumat, 18 Maret 2011

Lima Keajaiban Telur

Dibalik kandungan nutrisinya yang kaya nutrisi, telur berkontribusi meningkatkan meningkatkan kadar kolesterol tubuh. Ini yang kemudian memunculkan anjuran agar mengonsumi telur lebih dari empat kali seminggu. Berdasarkan penelitian baru di Amerika serikat, telur merupakan salah satu menu diet sehat yang terbukti selama beberapa dekade terakhir. Telur diklaim bukan sebagai penyebab utama peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Dari studi yang sama diketahui, telur diklaim rendah kolesterol justru kaya vitamin D yang berperan dalam pembentukan tulang. Peningkatan kolesterol lebih banyak disebabkan konsumsi lemak trans. Ahli gizi Amanda Ursell mengungkap sarapan telur rebus atau poach sebelum anak berangkat sekolah bermanfaat bagi energi dan kecerdasan. Janin juga memiliki IQ lebih tinggi bila calon ibu secara rutin mengasup dua butir telur setiap hari. berikut merupakan 5 manfaat utama telur:
1. Cepat memberi rasa kenyang
Makan telur saat sarapan membantu menurunkan berat badan secara signifikan dengan memotong asupan kalori harian. Makanan kaya protein membuat telur lebih lama dicerna diperut. Peneliti di Pusat Obesitas Rochester Amerika Serikat menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi dua telur rebus untuk sarapan pagi, makan 400 kalori lebih sedikit selama sisa hari dibandingkan sarapan roti.
2. Mengencerkan otak
Dua telur dengan kandungan 550 miligram kolin setiap hari selama kehamilan akan membantu perkembangan otak janin dan menghasilkan ingatan tajam pada anak. Kolin juga penting untuk memori. Sumber kolin lain termasuk kacang kedelai, ayam, dan salmon.
3. Mengurangi resiko kebutaan karena usia
Lutein yang ada di telur membantu meningkatkan kesehatan mata dan mengurangi resiko kebutaan yang berkaitan dengan usia.
4. Mengandung asam lemak omega 3
Lemak ini sangat penting untuk pengembangan mata dan pendengaran pada anak-anak dan fungsi otak selama hidup. Asam esensial juga membantu menjaga sirkulasi dan menurunkan resiko penyakit jantung. Telur dengan omega 3 juga memiliki lebih sedikit lemak jenuh.
5. Kaya protein
Sebutir telur memiliki 8 gram protein, nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan membentuk otot yang kuat. Wanita membutuhkan 45 gram protein sehari dan pria membutuhkan 55 gram atau sekitar 2-3 butir.

Rabu, 16 Maret 2011

Manusia dan Kebudayaan

Manusia adalah kumpulan dari partikel-partikel atom yang membentuk jaringan sistem yang dimiliki oleh manusia (ilmu kimia). Manusia merupakan kumpulan dari berbagai fisik yang saling terkait satu sama lain dan merupakan kumpulan dari energi (ilmu fisika). Manusia merupakan makhluk biologis yang tergolong dalam golongan makhluk mamalia. Manusia terdiri dari 4 unsur yang saling terkait, yaitu:
1. Jasad, yaitu badan kasar manusia yang nampak pada luarnya, menempati ruang dan waktu.
2. Hayat, yaitu mengandung unsur hidup yang ditandai dengan gerak.
3. Ruh, yaitu bimbingan atau pimpinan Allah, daya yang bekerja secara spiritual dan memahami kebenaran, suatu kemampuan mencipta yang bersifat konseptual yang menjadi pusat lahirnya kebudayaan.
4. Nafs, yaitu pengertian diri atau akuan, kesadaran tentang diri sendiri.
Manusia sebagai satu kepribadian yang mengandung 3 unsur, yaitu:
1. ID, yaitu struktur kepribadian yang paling primitive dan paling tidak nampak.
2. Ego, kepribadian yang bersifat 'eksekutif' karena peranannya dalam menghubungkan energi ID ke dalam saluran osial yang dapat dimengerti oleh orang lain.
3. Superego, menunjukkan pola aturan yang dalam derajat tertentu menghasilakan kontrol diri melalui sistem imbalan dan hukuman yang terinternalisasi.
Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi yang merumuskan bahwa kebudayaan adalah semua hasil dari karya, rasa dan cipta masyarakat. Kebudayaan umumnya diperinci menjadi 7 unsur, yaitu:
1. Unsur religi
2. Sistem kemasyarakatan
3. Sistem peralatan
4. Sistem mata pencaharian hidup
5. Sistem bahasa
6. Sistem pengetahuan
7. Seni

Manusia dan Keadilan

Keadilan menurut pendapat yang lebih umum adalah pengakuan dan pelakuan yang seimbang antara hak-hak dan kewajiban. Keadilan terletak pada keharmonisan menuntut hak dan menjalankan kewajiban. Atau dengan kata lain, keadilan adalah keadaan bila setiap orang memperoleh apa yang menjadi hak nya dan setiap orang memperoleh bagian yang sama dari kekayaan bersama. Berbagai macam keadilan:
1. Keadilan legal atau keadilan moral
 Plato berpendapat bahwa keadilan dan hukum merupakan substansi rohani umum dari masyarakat yang membuat dan menjadi kesatuannya. Dalam masyarakat yang adil, setiap orang menjalankan pekerjaan menurut sifat dasarnya paling cocok baginya. Pendapat plato tersebut merupakan keadilan moral, sedangkan oleh yang lainnya disebut keadilan legal.
2. Keadilan Distributive
Aristotele berpendapat bahwa keadilan akan terlaksana bilamana hal-hal yang sama diperlakukan secara sama dan hal-hal yang tidak sama diperlakukan tidak sama.
3. Keadilan Komutatif
Keadilan ini bertujuan untuk memelihara ketertiban masyarakat dan kesejahteraan umum. Bagi Aristoteles pengertian keadilan ini merupakan asas pertalian dan ketertiban dalam masyarakat. Semua tindakan yang bercorak ujung ekstrem menjadikan ketidakadilan dan akan merusak atau bahkan menghancurkan pertalian dalam masyarakat.
Kejujuran atau jujur adalah apa-apa yang dikatakan sesuai dengan hati nuraninya, apa yang dikatakan sesuai dengan kenyataan dengan kenyataan yang ada adalah yang benar-benar ada. Jujur juga merupaka seseorang yang bersih hatinya dari perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh hukum dan agama

Manusia dan Tanggung Jawab

Tanggung jawab adalah keadaan yang wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab adalah kewajiban menganggung, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawaban dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga merupakan perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Manusia akan bertanggung jawab karena kesadarannya akibat atas perbuatannya dan atas kepentingan pihak lain. Timbulnya tanggung jawab karena manusia yang bermasyarakat dan berada di ruang lingkup lingkungannya. Tanggung jawab itu adalah kewajiban atau beban yang harus dpikul atau dipenuhi sebagai akibat dari perbuatan pihak yang berbuat. Kewajiban atau beban itu ditujukan untuk kebaikan pihak yang berbuat sendri atau pihak lain dengan keseimbangan, keserasian, keselarasan sesama manusia, antara manusia dengan lingkungan, manusia dengan Allah dipelihara dengan baik. Tanggung jawab itu merupakan ciri dari orang yang beradab. Manusia mau bertanggung jawab akibat menyadari akan semua perbuatannya baik atau buruknya perbuatan itu dan merupakan pengabdian atau pengorbanannya. Macam-macam tanggung jawab:
1. Tanggungjawab terhadap diri sendiri
2. Tanggungjawab terhadap keluarga
3. Tanggungjawab terhadap masyarakat
4. Tanggungjawab terhadap bangsa/negara
5. Tanggungjawab terhadap Allah
Wujud tanggung jawab juga merupakan pengabdian atau pengorbanan. Pengabdian atau pengorbanan adalah perbuatan baik untuk kepentingan manusia itu sendiri.

Manusia dan Cinta Kasih

Hakikat cinta kasih sulit diungkapkan secara jelas. Cinta adalah suatu kebutuhan manusia yang bersifat fundamental. Semua orang tidak dapat mengingkari bahwa cinta itu penting bagi kehidupan. Bagi makhluk hidup, terutama manusia. Pengertian cinta adalah rasa sangat suka atau sayang, rasa tertariknya hati. Sedangkan arti kasih adalah perasaan sayang atau rasa belas kasihan. Dengan demikian, cinta kasih adalah rasa sayang beserta rasa belas kasihan. Kata kasih itu untuk memperkuat rasa cinta itu sendiri. Kasih sayang adlah perasaan sayang, perasaan cinta, atau perasaan suka kepasa seseorang. Kasih sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta. Dalam kasih sayang sadar atau tidak sadar dari masing-masing pihak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka sehingga keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh. Didalam kitab suci Al Quran ditemui adanya fenomena cinta yang bersembunyi didalam jiwa manusia. Cinta memiliki 3 tingkatan, yaitu: tinggi, menengah, dan rendah. Cinta tingkat tinggi cinta kepada Allah, Rasulullah, dan berjihad dijalan Allah. Cinta tingkat menengah adalah cinta kepada orang tua, anak, saudara, istri/suami, dan kerabat. Cinta tingkat rendah adalah cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat, harta, dan tempat tinggal.

;;

By :
Free Blog Templates