Selasa, 19 Juni 2012


Nama Kelompok:
Dwie Restiani                         (12110217)
Novika Ari Pahlawati              (15110080)
Restu Anjani                          (15110772)     
Kelas: 2KA11

Produk Domestik Regional Bruto
Kota Bandung
Tahun 2005-2008

Kata Pengantar
Publikasi “Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Bandung Tahun 2005-2008” diharapkan dapat memberikan gambaran secara makro hasil pembangunan ekonomi di Kota Bandung tahun 2005 - 2008. Publikasi ini dapat tersaji atas kerjasama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Bandung dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung. Publikasi PDRB Kota Bandung Tahun 2005-2008 ini memuat gambaran mengenai struktur perekonomian, perkembangan ekonomi, dan pendapatan per kapita masyarakat Kota Bandung dari tahun 2005 sampai dengan tahun 2008. Kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam penerbitan publikasi ini disampaikan terima kasih. Semoga buku ini bermanfaat bagi evaluasi kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan dan bisa menjadi pijakan yang kuat untuk pengambilan keputusan yang akan datang. Kritik dan saran sangat kami hargai guna perbaikan dimasa yang akan datang.



Bandung, Agustus 2009                 BPS Kota Bandung




DAFTAR ISI

Kata Pengantar................................................................................................ 1
Daftar Isi ……………………………………………………………………………. 2
Bab I   Pendahuluan…………………………………………………………………. 3
1.1. Latar Belakang.......................................................................................... 3
1.2. Maksud dan Tujuan…………………………………………………………….. 3
1.3. Jenis dan Sumber Data…………………………………………………………. 3
Bab II  Metodologi ………………………………………………………………….  4
2.1. Konsep dan Definisi…………………………………………………………….  4
2.2. Manfaat Statistik Pendapatan Regional………………………………………....  5
2.3 Cara Penyajian PDRB…………………………………………………………...   5
2.4 Metode Penghitungan PDRB …………………………………………………...   6
2.5 Penyajian Angka Indeks………………………………………………………...    6
Daftar Pustaka……………………………………………………………………….   6












BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Kondisi makro perekonomian pada akhir semester tahun 2008 kiranya sedikit membawa pengaruh terhadap tidak terlalu tingginya capaian pertumbuhan ekonomi seperti yang diprediksikan sebelumnya. Triwulan IV tahun 2008 diwarnai oleh problematika yang terjadi di pasar keuangan global serta Perlambatan ekonomi dunia saat ini telah dirasakan di beberapa negara industri maju, dan mulai merambat pada negara lainnya termasuk Indonesia. Gejolak yang terjadi di pasar global, tidak dapat dihindari terasa mengalir dan menyebar pada ekonomi Indonesia, termasuk Kota Bandung di mana mengandalkan pada kegiatan ekspor.
Perkembangan berkembang menuntut adanya pemantauan dan evaluasi pembangunan kondisi  Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) merupakan salah satu indikator perekonomian yang biasa digunakan untuk memantau wilayah. Penyusunan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Bandung Tahun 2008 kiranya dapat dijadikan salah satu bahan/kerangka acuan dalam penetapan kebijakan ekonomi makro, baik moneter maupun sektor riil, sehingga proses pelaksanaan pembangunan ekonomi di Kota Bandung masa mendatang akan lebih tepat sasaran.

1.2 Maksud dan Tujuan
Secara garis besar maksud penyusunan publikasi ini adalah pembangunan di Kota Bandung, khususnya dalam bidang perekonomian. Adapun secara rinci tujuan tersebut adalah :
1. Menyediakan data ekonomi makro bagi perencanaan dan evaluasi pembangunan di Kota Bandung tahun 2005-2008.
2. Mengetahui gambaran tentang struktur perekonomian, perkembangan ekonomi, tingkat pendapatan masyarakat Kota Bandung tahun 2008.
3. Menggambarkan pergeseran aktivitas perekonomian masyarakat Kota Bandung.

1.3 Jenis dan Sumber Data
Jenis data yang dikumpulkan dalam penyusunan publikasi ini adalah : data produksi, data harga, data biaya antara atau rasio biaya antara dari seluruh sektor ekonomi, yang meliputi : Sektor Pertanian, Sektor Pertambangan dan Penggalian, Sektor Industri Pengolahan, Sektor Listrik, Gas dan Air Bersih, Sektor Konstruksi, Sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran, Sektor Angkutan dan Komunikasi, Sektor Keuangan dan Sektor Jasa-Jasa, serta data jumlah penduduk pertengahan tahun.
Data di atas bersumber dari data sekunder dari nstansi terkait, survei khusus yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik, yaitu Survei Khusus Pendapatan Regional (SKPR) 2008, Survei Indikator Ekonomi Makro Daerah 2008 - 2009, disamping data penunjang yang bersumber dari survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Tahun 2005-2008 dan Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS) Tahun 2005.

BAB II METODOLOGI

2.1 Konsep dan Definisi
2.1.1 Produk Domestik Regional Bruto
Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atau yang lebih dikenal dengan istilah Pendapatan Regional (Regional Income) merupakan data statistik yang merangkum perolehan nilai tambah dari seluruh kegiatan ekonomi di suatu wilayah. Produk Domestik Regional Bruto dapat diartikan ke dalam 3 pengertian yaitu:
a. Pendekatan Produksi (Production Approach), PDRB adalah jumlah nilai produk barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh berbagai unit produksi dalam suatu wilayah/regional pada suatu waktu tertentu, biasanya setahun.
b. Pendekatan adalah jumlah balas jasa yang diterima oleh factor-faktor  produksi yang ikut di dalam proses produksi disuatu wilayah/regional pada jangka waktu tertentu (setahun).Balas jasa faktor produksi tersebut adalah upah dan gaji, sewa tanah, bunga modal dan keuntungan.
c. Pendekatan pengeluaran (Expenditure Approach),
PDRB adalah jumlah semua pengeluaran untuk konsumsi  lembaga swasta yang tidak mencari untung, konsumsi pemerintah, pembentukan modal tetap  domestik bruto, perubahan stok dan ekspor neto di suatu wilayah.

2.1.2 PDRB atas dasar harga berlaku
PDRB yang dinilai berdasarkan harga pada tahun berjalan baik pada saat menilai produksi, biaya antara maupun komponen nilai tambah.

2.1.3 PDRB atas dasar harga konstan
PDRB yang dinilai berdasarkan harga pada tahun tertentu atau tahun dasar, baik pada saat menilai produksi, biaya antara maupun komponen nilai tambah.



2.1.4 Indeks Harga Implisit PDRB
Perbandingan PDRB atas dasar harga berlaku dengan PDRB atas dasar harga konstan.

2.1.5 Angka Laju Pertumbuhan PDRB
Besarnya persentase kenaikkan PDRB pada tahun berjalan terhadap PDRB pada tahun sebelumnya.

2.1.6 PDRB per Kapita
PDRB dibagi jumlah penduduk pertengahan tahun.

2.1.7 Pendapatan Regional
PDRB ditambah balas jasa faktor produksi milik penduduk wilayah tersebut yang berasal dari luar dikurangi  balas jasa faktor produksi yang mengalir keluar.

2.2 Manfaat Statistik Pendapatan Regional
PDRB sebagai indikator ekonomi dapat dimanfaatkan untuk memberikan gambaran situasi ekonomi suatu wilayah, diantaranya :
1. PDRB atas dasar harga berlaku nominal menunjukkan kemampuan sumber daya ekonomi yang dihasilkan oleh menunjukkan kemampuan sumber daya ekonomi yang besar.
2. PDRB harga berlaku menunjukkan pendapatan yang memungkinkan dapat dinikmati oleh penduduk suatu daerah.
3. PDRB atas dasar harga konstan (riil) dapat digunakan untuk menunjukkan laju pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan maupun sektoral dari tahun ke tahun.

2.3 Cara Penyajian PDRB                                
PDRB dihitung dalam dua cara, yaitu atas dasar harga berlaku dan atas dasar harga konstan. PDRB atas dasar harga berlaku menggambarkan nilai tambah barang dan jasa yang dihitung dengan menggunakan harga pada setiap tahun, sedang PDRB atas dasar harga konstan menunjukkan nilai tambah barang dan jasa tersebut yang dihitung dengan menggunakan harga pada suatu tahun tertentu (tahun dasar), dalam penghitungan ini digunakan tahun 2000 sebagai tahun dasar.

2.4 Metode Penghitungan PDRB

2.4.1 Penghitungan PDRB atas dasar harga berlaku
Penghitungan PDRB dapat dilakukan dengan dua metode langsung dan metode tak langsung.

2.4.2 Penghitungan PDRB atas dasar harga konstan
Ada empat cara yang dikenal untuk menghitung nilai tambah atas dasar harga konstan, yaitu :
a. Revaluasi
b. Ekstrapolasi
c. Deflasi
d. Deflasi berganda

2.5 Penyajian Angka Indeks
Untuk mempermudah dalam menganalisisnya, PDRB disamping disajikan dalam bentuk angka absolut, disajikan juga dalam bentuk angka indeks.

Daftar Pustaka

Badan Pusat Statistik Kota Bandung. 2007. Produk Domestik
Regional Bruto Kota Bandung Tahun 2003-2006.
Bandung : BPS.
____________, 2007. Produk Domestik Regional Bruto Kota
Bandung Triwulan IV Tahun 2007. Bandung : BPS.
https://docs.google.com/file/d/0B7YCqodjjTKCNjdkMDllMDctODdlYi00NDRmLWIwZTAtMDIwNTg2MjQ2NjU5/edit?hl=en_US&pli=1

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates