Rabu, 16 Maret 2011

Manusia dan Kebudayaan

Manusia adalah kumpulan dari partikel-partikel atom yang membentuk jaringan sistem yang dimiliki oleh manusia (ilmu kimia). Manusia merupakan kumpulan dari berbagai fisik yang saling terkait satu sama lain dan merupakan kumpulan dari energi (ilmu fisika). Manusia merupakan makhluk biologis yang tergolong dalam golongan makhluk mamalia. Manusia terdiri dari 4 unsur yang saling terkait, yaitu:
1. Jasad, yaitu badan kasar manusia yang nampak pada luarnya, menempati ruang dan waktu.
2. Hayat, yaitu mengandung unsur hidup yang ditandai dengan gerak.
3. Ruh, yaitu bimbingan atau pimpinan Allah, daya yang bekerja secara spiritual dan memahami kebenaran, suatu kemampuan mencipta yang bersifat konseptual yang menjadi pusat lahirnya kebudayaan.
4. Nafs, yaitu pengertian diri atau akuan, kesadaran tentang diri sendiri.
Manusia sebagai satu kepribadian yang mengandung 3 unsur, yaitu:
1. ID, yaitu struktur kepribadian yang paling primitive dan paling tidak nampak.
2. Ego, kepribadian yang bersifat 'eksekutif' karena peranannya dalam menghubungkan energi ID ke dalam saluran osial yang dapat dimengerti oleh orang lain.
3. Superego, menunjukkan pola aturan yang dalam derajat tertentu menghasilakan kontrol diri melalui sistem imbalan dan hukuman yang terinternalisasi.
Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi yang merumuskan bahwa kebudayaan adalah semua hasil dari karya, rasa dan cipta masyarakat. Kebudayaan umumnya diperinci menjadi 7 unsur, yaitu:
1. Unsur religi
2. Sistem kemasyarakatan
3. Sistem peralatan
4. Sistem mata pencaharian hidup
5. Sistem bahasa
6. Sistem pengetahuan
7. Seni

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates