Senin, 11 April 2011

Manfaat Salmon


Berapa banyak dari anda yang mengetahui manfaat dari ikan salmon? mungkin hampir semua sahabat Modena sekalian pasti sudah mengetahui manfaat dari ikan ini. tetapi apakah anda juga tahu bahwa ikan salmon dapat mengencerkan otak, atau dengan kata lain dapat membantu anda menjadi lebih cerdas?
ikan yang lahir di perairan air tawar ini  memiliki kandungan omega 3 yang di dalamnya terdapat DHA dan EPA. zat yang terkandung dalam salmon ini sangat membantu otak manusia, terutama dalam pertumbuhan dan fungsi otak. selain membantu dalam mencerdaskan pikiran, ikan salmon juga mampu melindungi terjadinya kanker payudara.
Salmon sendiri adalah sejenis ikan laut dari famili salmonidae. ikan lain yang satu famili dengan salmon adalah ikan trout. perbedaannya adalah pada migrasi hidup salmon dibandingkan dengan ikan trout yang menetap. salmon hidup di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. secara umum, salmon adalah spesies anadromous yaitu spesies yang bermigrasi untuk berkembang biak. salmon lahir di perairan air tawar, bermigrasi  ke lautan, lalu kembali ke air tawar untuk bereproduksi. terdapat satu kepercayaan bahwa salmon selalu kembali ke tempat yang sama di amna ia dilahirkan untuk berkembang biak. penelitian juga menunjukan demikian, namun alasan mengapa hal itu terjadi dan bagaimana salmon dapat menyimpan memori tersebut masih belum dapat terpecahkan.
ikan salmon selain dikenal sebagai makanan yang baik bagi otak juga memiliki khasiat untuk menjaga kulit sehat. iakan salmon dapat mengatasi terjadinya keriput pada kulit dan memelihara penampilan kulit tetap sehat. hal ini tidak lain karena salmon memiliki omega 3 yang telah disebutkan diatas, yang dapat mengurangi produksi partikel penyebab radang dalam tubuh yang dapat merusak kulit.
masyarakat Indonesia sendiri memang belum terlalu banyak yang mengenal ikan salmon, berbeda dengan masyarakat Amerika dan sebagian Eropa yang menjadikan ikan salmon sebagai kebutuhan utama mereka. keberadaan ikan tersebut dianggap begitu penting sehingga tidak jarang timbul isu politis tentang masalah ikan salmon, seperti kasus yang terjadi di AS pada awal tahun 2000an. masalah ikan salmon yang sempat menggegerkan Amerika itu seputar masalah melestarikan habitat ikan salmon. masyarakat di sekitar sungai Columbia bermaksud mengajukan pemerintah negara bagian Oregon, AS ke pengadilan jika tidak segera melakukan upaya menjaga kelestarian habitat ikan salmon itu.
di kalangan juru masak, salmon boleh dikatakan adalah ikan paling favorit untuk dipilih. citarasanya pun sangat lezat. selain itu paduan warna dagingnya sangat menarik yaitu merah muda dan oranye, sangat cantik dan menggoda anda untuk memakannya.
ikan salmon dapat dikonsumsi mentah, diasap, maupun dimatangkan terlebih dahulu. rasanya akan selalu enak. hal ini dikarenakan salmon memang terasa sangat lembut. ini dikarenakan kandungan lemak tak jenuhnya yang tinggi. ikan ini juga merupakan ikan yang sangat bergizi dan menjadi sumber protein, kalsium, fosfor dan vitamin D yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh anda. karena itu sebisa mungkin anda mengkonsumsi ikan salmon ini secara rutin, dalam satu atau dua minggu sekali atau lebih baik apabila bisa lebih sering lagi.

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates