Selasa, 02 April 2013

Liburan di Singapura (Bahasa Indonesia 2)



Tugas Bahasa Indonesia 2



Nama:
Restu Anjani

NPM:
15110772

Kelas:
3KA11



Liburan di Singapura

Pada liburan semester kemarin, saya dan keluarga saya tepatnya bersama ibu, tante, dan sepupu saya, pergi berlibur ke Negara Singapura. Tempat yang akan dituju sudah direncanakan sebelumnya, 5 hari 4 malam di Singapura cukup membuat liburan menjadi lebih berkesan. Mengapa saya dan keluarga saya pilih ke Negara tersebut? Selain tidak jauh, dan rasa penasaran juga ingin mengetahui Negara yang terkenal bersih dan tertib terebut. Negara tersebut juga terkenal sebagai surganya belanja, maka dari itu saya dan keluarga memutuskan untuk pergi ke Singapura untuk berlibur.
Saya dan keluarga pergi ke airport untuk melakukan perjalanan udara menggunakan pesawat. Take off sekitar kurang lebih pukul 16.30 WIB, dan sampai disana sekitar pukul 7am, sekitar pukul 19.00 karena perjalanan yang ditempuh selama 1,5 jam dan waktu di Singapura dengan WIB berbeda 1 jam. Sesampainya di Changi Airport, pergi ke hotel menggunakan alat transportasi taksi. Perjalanan yang ditempuh menuju hotel kurang lebih setengah jam karena disana tidak pernah macet, macet jika lampu merah saja, dengan tarif kurang lebih $25. Sebelum pergi ke Singapura, hotel sudah dipesan terlebih dahulu, sampai di hotel tersebut hanya tinggal bayar dan ambil kunci kamar. Saya dan keluarga memilih Hotel Orchard yang ada di Jalan Orchard karena wilayahnya yang strategis dan bagus. Harga sewa hotel sekitar Rp 2000.000 per malam, jika dirupiahkan.  Sesampainya di hotel, langsung bergegas keluar hotel untuk mencari tempat makan karena sudah larut malam, tempat makan yang dituju adalah Mcd, di Mcd Singapura berbeda dengan Mcd Indonesia, tidak ada nasi, melainkan burger fillet dan lain-lain.
Setelah beristirahat, bangun pagi dan pergi breakfast di hotel sekitar pukul 8pm. Sesudah itu, hari kedua, pergi ke tempat rekreasi Universal Studios Singapore dengan menggunakan bus Universal Studios Singapore yang sudah disediakan untuk tourist dan boleh juga untuk warga Singapura, bus tersebut mengelilingi semua hotel untuk mengamil penumpang, biayanya gratis hanya menunjukan paspor jika bukan warga Negara Singapura. Perjalanan yang ditempuh sekitar 1,5 jam, agak jauh karena tempatnya di daerah Sentosa. Untuk memasuki Universal Studios Singapore dikenakan tarif kurang lebih $74 per orang karena weekend. Disana saya dan sepupu saya bermain semua wahana yang pasti bagus sekali. Disana luas sekali, seperti Hollywood, Madagascar, Far Far away, New York, Ancient Egypt, Sci-Fi City, Lost World, semua dijelajahi dari pagi hingga sore saya bermain.Tidak lupa juga membeli cendera mata lucu, seperti gantungan kunci, pulpen, dan lain sebagainya.



Sesudah dari Universal Studios, langsung menuju mall ION Orchard untuk pergi ke tempat makan, yang unik adalah ada tempat makan dibawah tanah 4 lantai, tidak terasa pengap sama sekali. Setelah itu pergi ke hotel jalan kaki. Disana itu budaya jalan kaki, karena disetiap jalan ada untuk  pejalan kaki, dan penyebrangan khusus pejalan kaki. Disetiap sisinya terdapat banyak pohon yang rindang, jadi setiap jalan sejauh apapun tidak begitu lelah. Tidak ada warung, yang ada hanyalah toko seperti Seven Eleven.
Keesokan harinya hari ketiga, pergi ke NUS, National University of Singapore yang terkenal sekali, disana saya beserta keluarga mengantar sepupu saya untuk lomba yang diadakan NUS, yang dibawa oleh Surya Institute, menggunakan taksi. Selain untuk liburan, ke Singapura juga untuk mengikuti lomba. Setelah selesai, menuju ke mall Bugis Junction untuk mencari tempat makan, belanja, dan membeli oleh-oleh, menggunakan alat transportasi taksi dengan tarif $27. Di Bugis Junction makan makanan ala india, belanja baju dan lain-lain, membeli oleh-oleh makanan. Sebenarnya di Singapura itu harganya lumayan relatif mahal juga dibandingkan Indonesia, makanan yang paling murah saja sekitar $5, air mineral saja sekitar $3, wajar karena pendapatan per kapitanya juga banyak, gaji karyawannya juga sesuai dengan harga kehidupan disana. Setelah itu pergi ke hotel dan beristirahat.
Pada hari keempat, saya dan keluarga memutuskan untuk pergi ke Science Centre dengan menggunakan alat transportasi MRT, kereta cepat bawah tanah. Saat itu membayar $10 untuk seharian menggunakan MRT. Keretanya sangat cepat sekali, bersih, nyaman. Tetapi menggunkan MRT itu perjalanan menuju terminalnya lumayan memakan waktu dan jauh, tidak seperti menggunakan taksi yang langsung sampai di tempat tujuan. Memilih naik MRT itu karena ingin mencoba merasakan apa yang orang-orang katakana, dengan kereta berteknologi modern. Sesampainya di Science Centre, tarif masuk sekitar $7, agak terjangkau disbanding yang lainnya. Setelah samapi disitu, lalu ke daerah Marina Bay menggunakan MRT, ke Mall Marina Bay Sands untuk mencari tempat makan dan ke patung marlion yang dikenal dengan lambang Singapura. Tidak jauh dari mall, saya dan keluarga jalan kaki menuju patung marlion tersebut, sampai disana memang agak malam karena banyak menghabisnkan waktu dengan jalan kaki.












Setelah ke Marina Bay, pergi ke hotel menggunakan taksi karena menuju terminal MRT jauh dan sudah sangat lelah sekali seharian ini.
Hari kelima sebelum pulang ke Indonesia, saya dan keluarga pergi belanja dan makanan di mall Ngee An City, The Paragon, dan Lucky Plaza. Lalu sesudah itu, saya dan keluarga ke Changi Airport untuk melakukan perjalanan udara menuju bandara Soekarno-Hatta di Jakarta menggunkan taksi. Sekitar pukul 5pm take off sampai di Jakarta pukul 18.30 WIB.
Cukup berkesan liburan kali ini bersama keluarga di negara tetangga. Menurut saya walaupun Singapura itu negara kecil tetapi sangat teratur kehidupan disana. Mulai dari jalanannya, selalu ada zebra cross dan lampu merah tanda untuk menyebrang pejalan kaki, bersih, tidak ada yang membuang sampah sembarangan, tempat sampah selalu ada disetiap tempat, banyak pohon rindang. Dalam alat transportasinya pun teratur, bus selalu berhenti pada halte, begitu juga taksi berhenti harus pada antrian taksi, benar-benar terarah dan tertib.



0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates