Sabtu, 26 Oktober 2013

Tugas AKS 1 (Analisis Kinerja Sistem)


WBS penulisan ilmiah yang telah dibuat:


1. Struktur Navigasi
Struktur navigasi berfungsi untuk menceritakan struktur atau alur cerita dari suatu program. Struktur navigasi yang digunakan untuk membuat aplikasi pengenalan bahasa mandarin ini yaitu struktur navigasi campuran.


Rancangan struktur navigasi pada aplikasi Pengenalan Bahasa Mandarin ini adalah struktur navigasi  campuran sering disebut struktur navigasi bebas, yaitu merupakan suatu struktur gabungan dari struktur navigasi linier dan hirarki untuk menampilkan data atau gambar pada  layer dengan kriteria tertentu. Struktur navigasi linier dimulai dari launch menuju menu utama, sedangkan hirarki dimulai dari menu utama yang dapat menuju ke image button buah, hewan, tentang, dan keluar.
Pada halaman pertama yang akan tampil pada aplikasi Pengenalan Bahasa Mandarin ini adalah halaman layar Splash Screen yaitu layar untuk menunggu ke halaman berikutnya. Layar Menu merupakan halaman utama dari aplikasi ini. Pada layar ini terdapat empat buah image button pilihan yaitu buah, hewan, tentang, dan keluar.  Jika memilih menu buah, maka akan menampilkan gambar buah dengan tulisan bahasa mandarin, dan jika image button play diklik maka akan keluar tulisan bahasa indonesia dan bahasa mandarin beserta suara. Pada pembelajaran buah yang terakhir yaitu ke dua puluh, maka akan terdapat image button untuk kembali ke menu awal. Begitu pula dengan memilih menu hewan. Menu tentang untuk menampilkan informasi tentang aplikasi dan menu keluar untuk keluar dari aplikasi.


2. Storyboard
Storyboard merupakan hal yang penting dalam pembuatan rancangan aplikasi karena memperlihatkan hubungan rantai kerja dari beberapa halaman atau form yang berbeda. Dalam pembuatan aplikasi ini akan dibangun yaitu:



Alur diatas merupakan langkah-langkah yang dilakukan pengguna dalam menggunakan aplikasi ini. Penjelasan alur aplikasi ini adalah sebagai berikut:


1. Pada saat aplikasi ini dijalankan maka tampilan pertama pada aplikasi ini adalah splash screen, yaitu hanya tampilan yang diatur setelah beberapa saat akan bergerak ke tampilan berikutnya.

2. Setelah halaman splash screen muncul, akan muncul tampilan menu yang berisikan buah, hewan, tentang, keluar.
3. Jika user memilih menu buah, maka akan menuju ke tampilan pembelajaran buah yang dilengkapi dengan gambar buah, tulisan bahasa Indonesia beserta bahasa mandarin buah, dan audio suara.
4. Jika user memilih menu hewan, maka akan menuju ke tampilan pembelajaran hewan yang dilengkapi dengan gambar hewan, tulisan bahasa Indonesia beserta bahasa mandarin buah, dan audio suara.
5. Jika user memilih menu tentang, maka akan muncul ke tampilan yang berisikan tentang aplikasi tersebut.
6. Jika memilih menu keluar, maka akan muncul pilihan ya atau tidak, jika ya maka akan keluar dari aplikasi, jika tidak akan kembali ke menu.

 

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates