Sabtu, 26 Oktober 2013
WBS penulisan ilmiah yang telah dibuat:
1. Struktur Navigasi
Struktur
navigasi berfungsi untuk menceritakan struktur atau alur cerita dari suatu
program. Struktur navigasi yang digunakan untuk membuat aplikasi pengenalan bahasa
mandarin ini yaitu struktur navigasi campuran.
Rancangan struktur navigasi pada aplikasi Pengenalan Bahasa
Mandarin ini adalah struktur navigasi
campuran sering disebut struktur navigasi bebas, yaitu merupakan suatu
struktur gabungan dari struktur navigasi linier dan hirarki untuk menampilkan
data atau gambar pada layer dengan
kriteria tertentu. Struktur navigasi linier dimulai dari launch menuju menu
utama, sedangkan hirarki dimulai dari menu utama yang dapat menuju ke image button buah, hewan, tentang, dan
keluar.
Pada halaman pertama yang akan tampil pada aplikasi Pengenalan
Bahasa Mandarin ini adalah halaman layar Splash
Screen yaitu layar untuk menunggu
ke halaman berikutnya. Layar Menu merupakan halaman utama dari aplikasi ini.
Pada layar ini terdapat empat buah image button pilihan yaitu buah, hewan, tentang, dan
keluar. Jika memilih menu buah, maka akan
menampilkan gambar buah dengan tulisan bahasa mandarin, dan jika image button play diklik maka akan
keluar tulisan bahasa indonesia dan bahasa mandarin beserta suara. Pada
pembelajaran buah yang terakhir yaitu ke dua puluh, maka akan terdapat image button untuk kembali ke menu awal.
Begitu pula dengan memilih menu hewan. Menu tentang untuk menampilkan informasi
tentang aplikasi dan menu keluar untuk keluar dari aplikasi.
2. Storyboard
Storyboard merupakan hal yang penting dalam pembuatan rancangan aplikasi
karena memperlihatkan hubungan rantai kerja dari beberapa halaman atau form yang berbeda. Dalam pembuatan aplikasi ini akan dibangun yaitu:
Alur
diatas merupakan langkah-langkah yang dilakukan pengguna dalam menggunakan
aplikasi ini. Penjelasan alur aplikasi ini adalah sebagai berikut:
1. Pada saat aplikasi ini dijalankan maka tampilan pertama
pada aplikasi ini adalah splash screen, yaitu hanya tampilan yang diatur setelah
beberapa saat akan bergerak ke tampilan berikutnya.
2. Setelah halaman
splash screen muncul, akan muncul
tampilan menu yang berisikan buah, hewan, tentang, keluar.
3. Jika user memilih menu buah, maka akan menuju ke
tampilan pembelajaran buah yang dilengkapi dengan gambar buah, tulisan bahasa
Indonesia beserta bahasa mandarin buah, dan audio suara.
4. Jika user memilih menu hewan, maka akan menuju ke
tampilan pembelajaran hewan yang dilengkapi dengan gambar hewan, tulisan bahasa
Indonesia beserta bahasa mandarin buah, dan audio suara.
5. Jika user memilih menu tentang, maka akan
muncul ke tampilan yang berisikan tentang aplikasi tersebut.
6. Jika memilih menu keluar, maka akan
muncul pilihan ya atau tidak, jika ya maka akan keluar dari aplikasi, jika
tidak akan kembali ke menu.
0 Comments:
Subscribe to:
Posting Komentar (Atom)