Rabu, 08 Mei 2013

Sarapan Pagi Itu Penting (Bahasa Indonesia 2)

Sarapan pagi merupakan waktu makan yang dianjurkan bahkan sama pentingnya dengan makan siang sebab waktu inilah tubuh akan mendapatkan energi dan nutrisi untuk dipakai beraktifitas seharian. Kenyataannya kadangkala kita mengabaikan sarapan tanpa mengetahui manfaat dan resiko kesehatan jika mengabaikan sarapan.

Banyak alasan untuk melewatkan sarapan pagi, misalnya karena takut gemuk, tidak punya waktu, terlambat bangun, atau merasa tidak lapar. Padahal tubuh kita membutuhkan sarapan karena simpanan energi sepanjang malam akan berkurang akibat organ tubuh yang terus bekerja. Karena itu, pada pagi hari setelah tidak mengonsumsi makanan selama 12 jam simpanan energi dan kadar gula dalam darah menurun, akibatnya semangat beraktivitas ikut turun. Untuk memulihkannya tubuh membutuhkan sarapan pagi.

 Para ahli kesehatan percaya, sarapan yang baik dilakukan dengan tidak terburu-buru. Siapkan waktu sedikitnya 30 menit untuk menyantap sarapan. Lambung butuh waktu untuk mencerna makanan dan mengubahnya menjadi asupan energi bagi tubuh. Jadi jika sarapan dilakukan dengan terburu-buru hasil yang diperoleh tentu tidak maksimal.

Sarapan pagi yang baik sebaiknya tidak dalam porsi besar sehingga membuat kita terlalu kenyang. Sarapan dalam porsi sedang, seperti sereal, roti gandum atau susu tanpa lemak akan lebih baik. Sarapan sehat akan membantu kita mempunyai cukup energi sebagai modal beraktivitas hingga siang hari menjelang, sebelum makan siang.

Manfaat sarapan pagi bagi kesehatan:

-Menetralisir asam lambung yang keluar semalaman saat kita tidur sehingga mencegah penyakit gastritis (maag). 

-Sarapan mengembalikan kadar gula darah pada batas normal setelah hampir 8 jam tubuh dalam kondisi puasa, dengan catatan makan malam jam 10 malam. Ini menguntungkan bagi orang-orang dengan kecenderungan diabetes atau yang sudah menderita diabetes. 

-Sarapan pagi memberikan nutrisi pada otak dan seluruh tubuh kita untuk melakukan kegiatan pagi sampai siang hari sehingga tidak ada istilah lemas, lemot atau telmi (telat mikir) karena bahan bakar tubuh terpenuh.

-Sarapan pagi melangsingkan tubuh. Ini sudah dibuktikan dalam berbagai penelitian bahwa orang yang selalu sarapan pagi dengan menu yang tepat menjadi lebih langsing daripada kelompok yang sering melewatkan sarapan. Alasannya metabolisme tubuh tetap terjaga tidak turun dan mencegah makan berlebihan saat makan siang.

Sumber:
http://carapemesananjellygamatgoldg.com/manfaat-sarapan-pagi/
http://www.stylepote.com/2013/03/manfaat-sarapan-pagi-untuk-menunjang-kesehatan.html


0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates